Kamis, 27 Agustus 2009

Kenapa perlu menyewa hosting?

Mungkin ada yang bertanya, kenapa orang perlu sewa hosting atau web hosting? Bagaimana kalau file-file website diletakkan di komputer sendiri atau komputer server yang dipunyai di rumah/kantor?

Mungkin bisa, namun kemudian menjadi tidak maksimal baik dari segi performa, stabilitas, ddan ekonomi. Sebab, bandwidth rumahan atau kantoran biasa berukuran kecil, misalnya dialup yang hanya 56Kbps (dan 33,6Kbps untuk uploadnya). Dan kalaupun besar pun kadang hanya downstreamnya saja sedangkan upstreamnya kecil. Bisa juga koneksi tidak stabil, tidak memiliki alamat IP tetap, dsb. Untuk hosting diperlukan koneksi internet, terutama sisi upstreamnya yang cukup besar dan stabil. Kedua, kondisi server harus menyala 24 jam dan dibutuhkan AC/pendingin, sirkulasi udara, listrik, dsb. Ketiga, pengawasan dan maintenance yang juga harus terus-menerus.

Jadi dari banyak faktor di atas, lebih efisien jika penempatan server dilakukan di data center, dan maintenancenya diserahkan kepada pihak yang lebih spesialis, yaitu pihak hosting atau webhosting.

0 komentar: